Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian induksi listrik…


Pengertian induksi listrik…



Induksi Listrik
Industri listrik merupakan suatu fenomena fisika yang mana pada suatu benda yang pada awalnya bersifat netral (tidak memiliki muatan listrik) menjadi bermuatan listrik karena disebabkan oleh adanya pengaruh gaya listrik atau benda lain yang memiliki muatan lain yang didekatkan pada benda tersebut.

Industri listrik dibagi menjadi dua jenis sbb:

a.self induction (Induksi listrik sendiri)

Industri listrik sendiri yaitu terjadinya suatu tegangan listrik pada suatu kumparan  yang disebabkan oleh terjadinya perubahan arah arus. Apabila sebuah kawat penghantar berpotongan dengan sebuah medan magnet, maka akan terjadi tegangan pada kawat tersebut. Hal seperti ini memanglah sulit untuk dijelaskan namun hal ini sudah diterima sebagai hukum alam yang sangat penting untuk menjelaskan kejadian-kejadian pada suatu kawat yang dialiri oleh sebuah listrik. Ketika terjadi perubahan pada kuat arus maka medan yang dihasilkan akan membesar atau mengecil memotong kawat itu sendiri sehingga menimbulkan gaya gerak listrik pada kawat tersebut. Inilah yang disebut dengan self induction ( induksi listrik sendiri).


b.Mutual induction ( induksi mutual)
Ketika arus listrik dialirkan pada sebuah kawat maka akan timbul sebuah medan magnet pada setiap penampang kawat. Kemudian medan magnet itu mengembang beberapa saat dan memotong kawat penghantar yang kedua sehingga timbulah gaya gerak listrik pada kawat penghantar yang kedua. Nah inilah yangg disebut dengan mutual induction (induksi mutual).


Induksi Elektromagnetik
Sebuah lilitan atau kumparan yang dialiri oleh sebuah arus listrik kemudian berubah menjadi magnet disebut dengan elektromagnet. Bicara soal magnet maka tak lepas dari yang namanya listrik. Karena arus listrik menghasilkan medan magnet dan perubahan medan magnet menghasilkan arus listrik.

Post a Comment for "Pengertian induksi listrik…"