Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem dan Struktur Politik-Ekonomi Indonesia Masa Orde Baru

Sistem dan Struktur Politik-Ekonomi Indonesia Masa Orde Baru




Hai ketemu lagi dengan saya,, kali ini saya akan membagikan sedikit materi terkait dengan pelajaran sejarah indonesia. Di artikel ini saya akan membahas tentang Sistem dan Struktur Politik-Ekonomi Indonesia pada Masa Orde Baru(1966-1998). terutama tentang “stabilitasi politik dan rehabilitasi ekonomi “. Sebelum kita menuju ke pokok pembahasan, tahukah kalian proses terbentuknya pemerintahan orde baru?. jika kalian belum berikut saya jelaskan sedikit tentang seperti apa sih terbentuknya pemerintahan orde baru?. oke langsung aja ,, cekidoot…

Terbentuknya pemerintahan Orde Baru yang diawali dengan keputusan Sidang Istimewa MPRS tanggal 12 Maret 1967 yang menetapkan Jenderal Soeharto sebagai pejabat presiden. Kedudukannya itu semakin kuat setelah pada 27 Maret 1968, MPRS mengukuhkannya sebagai presiden penuh. Pengukuhan tersebut dapat dijadikan indikator dimulainya kekuasaan Orde Baru. Setelah memperoleh kekuasaan sepenuhnya, pemerintah Orde Baru mulai menjalankan kebijakan-kebijakan politik dan Ekonomi yang telah ditetapkan oleh Sidang MPRS tahun-tahun sebelumnya, seperti Stabilitas Politik Keamanan (Tap MPRS No.IX/1966), Stabilitas ekonomi (Tap MPRS No.XXIII/19 66), dan Pemilihan Umum (Tap MPRS No.XI/1966).

Pemerintahan Orde Baru memandang bahwa selama Orde Lama telah terjadi penyimpangan terhadap pelaksanaan UUD 1945 dan Pancasila. Diantarapenyimpangan tersebut adalah pelaksanaan Demokrasi Terpimpin dan pelaksanaan politik luar negeri yang cenderung memihak blok komunis (Blok Timur). Sesuai dengan ketentuan yang telah digariskan oleh MPRS, maka pemerintahan Orde Baru segera berupaya menjalankan UUD 1945 dan Pancasila secara konsekuen dengan melakukan rehabilitasi dan stabilisasi politik dan keamanan (polkam). Tujuan dari rehabilitasi dan stabilisasi tersebut adalah agar dilakukan pembangunan ekonomi bagi kesejahteraan rakyat Indonesia.
 Oke setelah kita tahu sedikit tentang terbentuknya masa orde baru dan kebijakan-kebijakan yang harus di laksanakan. Selanjutnya mari kita bahas materi inti dari artikel ini yaitu stabilitasi politik dan rehabilitasi ekonomi. Berikut adalah isi pokok pembahasan yang akan kita pelajari.
1. Stabilisasi Politik dan Keamanan sebagai Dasar
Pembangunan
2. Stabilisasi Penyeragaman
3. Penerapan Dwi Fungsi ABRI
4. Rehabilitasi Ekonomi Orde Baru
5. Kebijakan Pembangunan Orde Baru

     untuk membahas hal-hal di atas, berikut saya sertakan makalah yang berisi pokok pembahasan tersebut agar lebih dapat dipahami dengan adanya berbagai gambar di dalamnya. untuk mendownload kalian bisa mengeklik gambar atau klik tombol download yang ada di bawah.



Oke itulah sedikit penjelasan tentang stabilitasi politik dan rehabilitasi ekonomi dalam sistem dan struktur politik-ekonomi indonesia masa orde baru. Semoga makalah diatas bisa kalian jadikan referensi dalam mengerjakan tugas dan untuk menambah pengetahuan kalian tentang masa orde baru. Dan semoga bermanfaat bagi kalian semua… 

Post a Comment for "Sistem dan Struktur Politik-Ekonomi Indonesia Masa Orde Baru"